Estiyanti, Ni Made and Istriawati, Ni Kadek Adi and Satwika, I Putu (2021) ANALISIS PENGARUH INVESTASI TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BIDANG E�COMMERCE (STUDI KASUS PT MATAHARI DEPARTMENT STORE TBK). Ekonomi & Bisnis, 20 (1). ISSN ISSN 1412-2774 eISSN 2407-9081
2-ni-made-estiyanti-stmik-primakara-ekbis-juni-21 (2).pdf - Published Version
Download (487kB)
Abstract
E-commerce merupakan salah satu dari perkembangan zaman dan Teknologi Informasi
(TI) yang melakukan perdagangan menggunakan internet atau disebut penjualan online. Adapun
dampak dari e-commerce ini terhadap PT. Matahari Department Store Tbk yang melakukan
investasi dalam bidang e-commerce dalam mengembangkan usahanya. Maka dari itu perlunya
mengetahui pengaruh dari e-commerce terhadap perusahaan dan pentingnya menganalisis suatu
investasi, apakah sudah layak atau belum untuk dikembangkan dan diimplementasikan dalam
suatu perusahaan.
Penelitian ini menggunakan metode Pendekatan Deskriptif Kualitatif, metode Analisis
Perbandingan Laporan Keuangan dan metode Cost Benefit Analysis (CBA).
Hasil dari penelitian terhadap dampak e-commerce terhadap perusahaan adalah melakukan
investasi IT dalam bidang e-commerce, mengembangkan konsep omni-channel, melakukan
rebranding situs menjadi Matahari.com, penurunan saham, penurunan laba, peningkatan
kewajiban, sedangkan total aset, dan ekuitas mengalami penurunan tahun 2018 akibat terjadinya
penurunan laba, serta hasil perhitungan terhadap manfaat dan biaya investasi dalam bidang e�commerce berpengaruh positif terhadap ROI, NPV, PP, BCR, sehingga investasi ini dapat
diterima.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Universitas Primakara > Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Program Studi Sistem Informasi Akuntansi |
Divisions: | Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Universitas > Program Studi Sistem Informasi Akuntansi |
Depositing User: | Ni Made Estiyanti Estiyanti |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 12:28 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 12:28 |
URI: | http://repository.primakara.ac.id/id/eprint/78 |